Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mechatron Namanya

Juni 2010 bersama dengan 2 orang sahabat mendirikan sebuah lembaga pendidikan sekolah Robotik,yang bertempat di sebuah ruko Jl.Margonda Raya No.1 Depok. Di awal pendirian siswa yang minat belajar disekolah robotik ini cukup besar dengan total 130 orang dimana mayoritas mereka adalah siswa sekolah dasar,jumlah ini termasuk besar mengingat bahwa lembaga ini baru didirikan,ada sebuah pertanyaan dari beberapa teman memang bisa robotika bisa diajarkan ke siswa sekolah dasar? Melihat jumlah mayoritas yang belajar di lembaga kami adalah siswa sekolah dasar.

Robotika adalah dunia baru bagi saya,ini bidangnya anak-anak tekhnik,kalau saya kan Farmasi.Tapi saya akan coba sedikit membagi apa yang saya tahu selama mengelola lembaga ini bersama 2 sahabat saya, karena kedua sahabat saya tersebut berlatar belakang elektro dan mesin. Robotik merupakan aplikasi dari 3 disiplin ilmu, didalamnya terdapat ilmu elektronika,mekanika (mesin) dan ilmu komputer.Itulah sebabnya robotika sangat baik diajarkan sejak dini (=baca siswa sekolah dasar),karena ketiga disiplin ilmu tersebut  adalah ilmu terapan yang sangat mungkin diajarkan kepada anak sejak dini. Seperti kita ketahui ilmu dasar dari elektronika,mekanika(mesin) dan komputer salah satunya matematika,jadi siswa sudah belajar matematika dasar sejak dini dan itu dilakukan oleh mereka sambil merangkai robot.

Bagi pembaca yang tertarik dan ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang robotika,maka datang saja ke alamat diatas,nama lembaga tersebut adalah Mechatron.Mengapa Mechatron? akan saya bahas khusus dalam postingan berikutnya.