Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Mechatron?

Mechatron diambil dari nama sebuah mata kuliah  jurusan mesin dan elektro Universitas Indonesia yaitu Mechatronika . Mechatronika singkatan dari Mekanika,Elektronika dan Komputer jadi diharapkan mereka yang belajar Mechatronika dapat menguasai 3 ilmu tersebut.

Penggunaan nama Mechatron bukan Robotika,robotik club dan nama-nama lain yang ada unsur  kata robotnya,karena diharapkan mereka yang telah belajar di Mechatron tidak hanya bisa merencanakan,merangkai dan mencipta robot, tapi juga bisa merencanakan,merangkai dan menciptakan  produk lain,dimana produk lain tersebut mengandung unsur elektronika,mekanika (mesin) dan komputer.

Produk lain dari Mechatronika adalah semua produk yang bersifat otomasi. Eskalator,lift,belt conveyor ( biasa dipakai di pabrik) adalah contoh produk dari Mechatronika,sebuah eskalator didalamnya terkandung  rangkaian elektronika dan mekaniknya sehingga eskalator tersebut bisa bergerak, sedangkan untuk mengatur cepat atau lambat dari eskalator tersebut diperlukan program komputer untuk mengaturnya sehingga mereka yang menggunakan eskalator tersebut dapat dengan nyaman menggunakannya.Oleh sebab itu mengapa  kami memakai Mechatron sebagai nama lembaga kami.